Meningkatkan Fungsi Recycle Bin pada Windows

Anda merasa Recycle Bin pada Windows Anda terlalu biasa-biasa saja, atau Anda ingin mencoba fitur-fitur yang lebih pada Recycle Bin? Ada sebuah software gratis yang bernama RecycleBinEx yang dapat mengosongkan Recycle Bin secara otomatis berdasarkan umur file, dan yang lainnya. Software ini dapat digunakan mulai dari Windows 98 sampai dengan Windows 7.

Silakan download di SINI.

Setelah selesai di-download, silakan langsung diinstall. Setelah dieksekusi, tampilan pada RecycleBinEx akan terlihat seperti ini.

RecycleBinEx

Anda dapat menyortir file berdasarkan lokasi, waktu, ukuran, dan drive. Untuk menghapus file secara manual, Anda cukup pilih file mana saja yang ingin Anda hapus secara permanen, lalu klik Delete atau dengen menekan tombol Delete pada keyboard. Untuk mengatur agar RecycleBinEx dapat menghapus file secara otomatis, klik tombol Options.

Options

Anda dapat mengaktifkan otomatisasi dalam membersihkan file yang berada di dalam RecycleBinEx. Di bagian Auto clean up the items deleted, Anda dapat memasukkan umur file (dalam hari) yang akan dihapus secara otomatis.

Auto clean up

Anda juga dapat menyeleksi file-file berdasarkan umurnya dengan meng-klik tanda panah di sebelah Select All.

Select All

Untuk beberapa fitur lainnya, dapat Anda coba-coba sendiri. Semoga bermanfaat!

Updated: August 28, 2012 — 1:36 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *