Menyingkirkan Shortcut Program yang Tidak Diinginkan dari Layar All Apps di Windows 8

By | April 29, 2013

Salah satu fitur menyebalkan di Windows 8 adalah saat Anda meng-install program baru, maka layar All Apps akan terpenuhi dengan berbagai link yang tidak berguna. Misalnya link ke program tersebut dan link ke file help dan ke situs program tersebut, dan lainnya. Di Windows versi sebelumnya, seluruh link tersebut dimasukkan ke dalam satu folder tersendiri. Bayangkan dengan satu aplikasi desktop saja Anda mendapatkan banyak link di layar Start. Namun, ada metode untuk menyingkirkannya. Dalam beberapa kasus, Anda dapat klik kanan pada link dan memilih Unpin from Start, namun opsi ini tidak selalu muncul setiap saat.

Pada dasarnya, ada dua lokasi untuk seluruh shortcut yang ada di layar All Apps yaitu:

C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs
C:\Users\nama_user_anda\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs

Secara default, Anda tidak dapat melihat folder ini sebab disembunyikan. Namun Anda dapat melihat secara mudah dengan membuka File Explorer, klik pada tab View dan memberi tanda tik pada boks Hidden Items. Pergi ke kedua lokasi tersebut dan pada salah satu folder Anda dapat melihat seluruh link yang muncul di layar All Apps.

Anda memiliki 2 opsi yaitu membuang seluruh folder tersebut sehingga tidak ada link yang muncul di layar All Apps, atau membuang link yang tidak diinginkan dan membiarkan link untuk file program utama.

Sekarang Anda memiliki layar All Apps yang lebih bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *