Perkembangan Tool Check Disk atau Chkdsk di Windows 8

By | April 29, 2013

Chkdsk atau Check Disk sudah menjadi salah satu tool kecil bagus yang dikembangkan di hampir seluruh versi Windows, yang dapat memperbaiki error file sistem, korupsi di metadata file sistem, atau error di hard disk. Sebelum Windows Vista dan 7, tool ini tidak mengalami perubahan yang berarti. Pada WIndows Vista dan 7, ada beberapa peningkatan kecepatan yang dapat memuat chkdsk berjalan lebih cepat, namun tool ini tetap tergantung pada banyaknya file yang tersimpan di volume tersebut.

Oleh karena didesain seperti itu, tool ini dapat memakan beberapa jam untuk selesai meng-scan sebuah drive besar dengan banyak file di dalamnya. Namun pada Windows 8, chkdsk telah diperbaiki. Bahkan ada beberapa fitur baru yang ditambahkan ke Windows 8 untuk memperbaiki sistem file sehingga Anda tidak perlu menjalankan chkdsk lagi. Pada Windows 8, banyak error dapat diperbaiki secara otomatis ketika Windows sedang dijalankan. Sekarang kebanyakan error dapat diperbaiki tanpa perlu restart, namun jika ada sebuah perbaikan langsung yang diperlukan, Anda akan ditanya untuk restart, namun hanya perlu beberapa detik untuk memperbaikinya.

Pada Windows 8, terdapat dua metode untuk menjalankan chkdsk secara manual.

Pertama, Anda dapat pergi ke Computer, klik pada drive yang ingin diperbaiki dan klik Properties. Klik Tools dan klik Check.

Kedua, Anda dapat menjalankan chkdsk mengetikkan chkdsk di command prompt. Ada lima parameter baru chkdsk di Windows 8 yaitu:

/scan – menjalankan scan online yang dapat memperbaiki apapun yang dapat diperbaiki tanpa perlu restart.

– /forceofflinefix – harus dijalankan dengan /scan dan pada dasarnya sama dengan /spotfix

– /perf – online scan dapat dijalankan lebih cepat dengan menggunakan parameter ini, namun akan memerlukan beban ynag lebih dan memperlambat pekerjaan yang lain.

– /spotfix – merupakan fitur perbaikan langsung yang dapat memperbaiki error dalam hitungan detik, bukan jam.

– /offlinescanandfix – menjalankan scan secara offline dan memperbaikinya

Ketika Anda menjalankan /spotfix atau /offlinescanandfix pada drive yang sedang digunakan sistem, Anda akan diminta untuk mennjadwalkan scan hingga sistem di-restart.

Anda juga dapat mengecek apakah drive dijadwalkan untuk di-scan dengan mengetikkan perintah sebagai berikut:

chkntfs c:

Secara garis besar, chkdsk di Windows 8 mengalami perbaikan yang pesat dan membuat deteksi, verifikasi, dan perbaikan korupsi file menjadi semakin cepat dan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *