Trik Bagaimana Membuat Virtual Drive yang Portable pada Windows 7 (Bagian 2)

By | November 26, 2010

Selamat datang di postingan cara membuat virtual drive pada Windows 7 bagian kedua! Pada postingan bagian pertama telah saya jelaskan bagaimana cara membuat Virtual Hard Drive (VHD) itu sendiri dan bagaimana cara attach dan detach dengan cara biasa.

Defaultnya untuk melakukan attach dan detach VHD, kita harus melakukannya dengan masuk dulu ke Disk Management, memilih attach atau detach, mencari file .vhd, dan menunggu sebentar sampai proses selesai. Mungkin tidak terlalu merepotkan dan tidak terlalu lama, tapi jika kita bisa melakukannya dengan lebih cepat dan mudah mengapa tidak?

Download dan Install VHD Attach

Saya akan memperkenalkan sebuah software sederhana yang bernama VHD Attach yang akan membuat proses attach detach lebih cepat. Untuk melakukan hal tersebut, Anda harus telah mempunyai sebuah file .vhd yang cara pembuatannya telah dibahas pada postingan bagian pertama. Bila Anda sudah membuatnya, silakan download software VHD Attach dari link berikut ini, kecil kok, tidak sampai 1 MB.

http://www.jmedved.com/?page=vhdattach

Setelah mendownload softwarenya, silakan langsung diinstall biasa. Ikuti saja tahapannya, sangat mudah, boleh diinstall di lokasi manapun tidak masalah. Setelah selesai, boleh langsung dijalankan programnya. Tapi karena kita tidak akan menggunakannya sekarang, kita minimize dulu saja program ini.

VHD Attach

Attach dan Detach VHD

Karena Anda telah menginstall software VHD Attach, sekarang coba masuk ke Windows Explorer dan coba klik kanan pada file .vhd yang telah Anda buat. Seharusnya akan langsung ada pilihan Attach dan Detach. Klik saja sesuai kebutuhan, proses akan langsung berjalan dan selesai. Jauh lebih mudah kan?

Attach Detach

Setting Otomatis Attach Saat Startup Windows

Apabila Anda ingin VHD Anda sudah ter-attach saat Anda menyalakan komputer, gunakan software VHD Attach yang kita minimize tadi. Pada software tersebut, klik icon Options di bagian kanan atas.VHD Option

Di dalam kotak Options, klik pada tombol Add lalu cari file.vhd yang ingin Anda setting otomatis ter-attach. Selesai, mulai saat ini, setiap Anda masuk Windows, VHD milik Anda akan telah ter-attach secara otomatis.

Oh ya, sedikit tambahan saja, di kotak Options itu, Anda juga bisa memilih pilihan apa saja yang akan muncul di Explorer context menu (menu saat kita melakukan klik kanan pada Windows Explorer).

Automatic Startup

Nah, sekarang bagaimana caranya supaya VHD milik Anda terlindung oleh password agar hanya Anda saja yang bisa mengaksesnya? Untuk hal tersebut, akan saya bahas pada postingan bagian ketiga.

Lanjut ke postingan bagian ketiga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *