Windows Server Core : Install aplikasi di SUA

By | November 26, 2010

Setelah bermain-main dengan windows server core (kustomisasi cmd, menambah jumlah cmd, belajar dos key) tiba saatnya kita menginstall aplikasi serius yang biasa digunakan melayani user seperti web server ,  ssh.  Saya akan mencoba mengeksplor windows server core lebih jauh khususnya fitur SUA. Mengapa pilih SUA? karena menurut saya fitur ini cukup ‘powerfull’ tapi sayangnya jarang dibahas. Salah satu contohnya adalah install php step by step di SUA, setelah coba googling kesana-kemari,  saya tidak menemukan petunjuk satupun. Akhirnya saya mendapatkan petunjuk setelah bergabung dengan SUA community, disana saya menemukan petunjuk yang menjadi solusi kepeningan saya seminggu terakhir ini.

Tapi… sebelum kita menginstall aplikasi yang benar-benar aplikatif (Apache + PHP, setahap demi setahap) Saya akan menginstall dulu aplikasi pre-request yang akan memudahkan kerja pada saat nanti mengkonfigurasi apache + PHP di SUA. Jadi sabar dulu yaa untuk sampai kesana.

Baik yang pertama akan kita install aplikasi pre-request itu adalah openssh.  Mengapa kita memerlukan ssh terinstall di Windows server core kita? apa tidak cukup remote desktop saja?  Tentu saja untuk manajemen Windows Server Core sudah lebih dari cukup kita menggunakan remote desktop. Tapi masalahnya adalah kita ingin bekerja dengan fitur SUA, jadi belum lengkap rasanya Unix tanpa SSH,  he he he…

Tapi alasan sebenarnya adalah saya membutuhkan SSH ini agar saya bisa menggunakan text editor kesukaan saya, nano, di Windows Server Core. Gak nyambung kan? muter-muter kan? Gak juga ah, entah mengapa ketika saya mencoba membuka nano di cmd, saya selalu mendapatkan error berikut :

Tapi ketika saya buka dengan   lewat ssh semuanya tampak baik-baik saja 🙂 . Jadi itulah alasannya, kembali ke install aplikasi di SUA Windows Server Core.

Jadi kedua aplikasi diatas yang perlu diinstall pada Windows Server Core dengan fitur SUA. Untuk instalasi SSH, gunakan utilitas pkg_updatenya yang sudah diinstall sebelumnya (silahkan baca postingan yang ini). Dengan mengetikan perintah berikut untuk install openssh :

Selanjutnya sistem akan mendownload paket ssh dan menginstallkan kedalam sistem

Bila sudah selesai proses instalasinya akan muncul konfirmasi untuk setting key, konfirmasi apakah ssh akan dijalankan dll. (sayang saya lupa membuat screenshoot langkah setelah proses ini nanti akan saya coba buatkan lagi).

Selanjutnya tinggal dicoba koneksi dari sisi client. Saya akan menggunakan program putty, sebuah ssh client yang portable bisa di download disini. Buka putty, kemudian masukan IP Windows Server Core (IP Windows Server Core saya 192.168.10.125). Lalu tekan tombol open

Masukan informasi username dan password,  username bisa menggunakan user dan password yang biasa dipake untuk login Administrator.

Nah sekarang ssh sudah terinstall, selanjutnya adalah meng-install editor nano. Untuk Instalasi editor nano agak sedikit berbeda . Hal ini dikarenakan  paket instalasi editor nano belum tersedia di website  suacommunity. Instalasinya akan menggunakan cara tradisional Unix  yakni instalasi lewat source code langsung secara umum tahapan instalasinya adalah sebagai  berikut :

  • Download source code yang berbentuk .tar.gz dari situs nano
  • Copy hasil downloadan tadi ke Win Server Core (masih inget kan caranya? jika tidak lihat ini)
  • Extract source code tadi dengan perintah “tar xvzf nano-2.2.5.tar.gz”
  • Masuk ke direktori hasil extract
  • Configure untuk pembuatan Makefile dengan perintah “./configure”
  • Kompilasi source dengan perintah “make”
  • Install dengan perintah “make install”

Untuk mencoba editor nano sudah terinstall atau belum, login lewat putty ke Windows Server Core kemudian ketikan perintah “nano”. Apabila instalasi berhasil akan masuk ke program editor nano 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *