Trik Membuat System Restore Secara Manual

By | July 27, 2012

Kadang-kadang ketika meng-install program atau driver yang dapat membuat Windows menjadi lambat atau crash, System Restore dapat mengembalikan sistem kepada waktu ketika semuanya bekerja baik. Jadi Anda tidak perlu mencari masalah yang membuat sistem crash satu-satu. System Restore bahkan tidak akan memengaruhi dokumen, atau file-file pribadi Anda. System Restore ini telah ada sejak Windows Vista hingga Windows 7.

 

Biasanya, System Restore secara otomatis pada sistem Anda. Namun, pada beberapa kasus kadang-kadang bisa saja tidak aktif. Untuk mengantisipasinya, berikut ini saya paparkan sebuah trik untuk membuat system restore point secara manual:
1. Buka Start menu, kemudian klik kanan pada Computer, lalu pilih Properties.
2. Pada panel sebelah kiri, klik link System Protection.
3. Selanjutnya, pastikan System Restore telah aktif pada partisi/drive yang diinginkan.Caranya dengan melihat On atau Off pada sebelah kanan partisi yang diinginkan.

4. Jika belum menyala (Off), klik “Configure”. Pilih opsi “Restore settings and previous versions of files“, dan tekan tombol OK.
5. Jika sudah aktif (On), klik “Create“. Beri nama restore point terserah Anda, kemudian klik Create, dan tunggu hingga selesai.
7. Klik OK untuk keluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *