Trik Mengaktifkan Pesan Konflik Merge Folder di Explorer Windows 8

By | May 5, 2013

Dalam versi Windows sebelumnya, jika Anda mencoba untuk menyalin atau memindahkan sebuah folder dan jika folder tujuan sudah mengandung sub folder dengan nama yang sama, Windows akan menunjukkan pesan konfirmasi tentang konflik penyatuan (merge) folder. Pesan ini menunjukkan bahwa folder di folder tujuan dan folder yang Anda coba salin atau pindahkan memiliki nama yang sama. Anda akan diminta untuk menyatukan folder tersebut atau tidak.

Namun Microsoft mengubah perilaku ini di Windows 8. Secara default, pesan konflik penyatuan folder ini disembunyikan sehingga Anda tidak melihat pesan konfimrasi mengenai penggantian folder.

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali pesan konfirmasi penyatuan folder di Windows 8, maka silakan ikuti langkah berikut:

1. Buka Windows Explorer dan klik tab View yang ada di Ribbon UI.
2. Klik ikon Folder Options di bawah toolbar ribbon.
3. Folder Options terbuka. Klik tab View.
4. Di sini Anda akan melihat opsi “Hide folder merge conflicts” yang otomatis aktif secara default. Hilangkan tanda tik pada opsi tersebut dan klik Apply.
5. Sekarang pada saat folder tujuan memiliki folder dengan nama yang sama, Anda akan diminta konfirmasi penggantian folder seperti di gamabr berikut:

Saya sendiri tetap menonaktifkan opsi tersebut karena konfrimasi tersebut dapat membantu untuk melihat folder apa yang ingin disatukan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *