Memindahkan Aplikasi Windows 8 ke Lokasi Lain

By | April 30, 2013

Trik ini sangat berguna jika Anda sering mengunduh aplikasi Metro Windows 8 dari Windows Store dan jika hard disk Anda berukuran kecil, contohnya apabila Anda meng-install Windows 8 di SSD yang berukuran kecil. Hal ini disebabkan semakin banyak aplikasi yang dipasang, semakin penuh juga ruang di SSD Anda. Solusinya adalah dengan memindahkan seluruh atau beberapa aplikasi tersebut ke drive atau partisi lain.

Salah satu fitur yang tidak disediakan Microsoft di Windows 8 adalah opsi untuk memindahkan aplikasi yang telah di-install dari Windows Store ke drive lain selain partisi tempat Windows berada. Anda dapat menemukan seluruh aplikasi tersebut di dalam folder C:\Program Files\Windowsapps\. Perhatikan bahwa folder ini disembunyikan secara default dan Anda bukan pemiliknya sehingga Anda tidak dapat membuka atau melakukan apapun terhadap folder tersebut.

Untuk memindahkan folder tersebut ke partisi atau drive yang lain, Anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Tekan tombol Windows, ketik cmd, klik kanan pada hasil pencarian command prompt, lalu pilih Run as Administrator dari opsi yang ditampilkan di bawah.
2. Lakukan take ownership dari folder C:\Program Files\Windowsapps\ sehingga Anda dapat mengaksesnya. Silakan cek artikel berikut untuk cara take ownership atau jalankan perintah berikut dan tunggu hingga selesai.

takeown /F “C:\Program Files\WindowsApps” /A /R

3. Buatlah salinan folder di drive atau partisi yang Anda ingin pindahkan, caranya dengan menjalankan perintah berikut.

robocopy “C:\Program Files\WindowsApps” “D:\WindowsApps” /E /COPYALL /DCOPY:DAT

Ubahlah D:\WindowsApps menjadi drive dan folder tempat Anda ingin menyalin seluruh folder tersebut. Pastikan bahwa hasilnya menunjukkan tidak ada file yang diabaikan atau gagal disalin. Jika ada hal tersebut, jangan lanjutkan, namun hapus folder tujuan dan kembalilah ke langkah 2.
4. Sekarang hapuslah folder aslinya dan seluruh file yang ada di drive C:, dengan menjalankan perintah berikut.

rmdir /S “C:\Program Files\WindowsApps”

5. Terakhir, Anda perlu membuat link simbolis yang merujuk dari folder asli ke folder baru, dengan menjalankan perintah berikut.

mklink /D “C:\Program Files\WindowsApps” “D:\WindowsApps”

Ganti folder tujuan D:\WindowsApps ke folder baru sesuai tempat Anda menyalin tadi.

Sekarang Windows akan menyimpan seluruh aplikasi dan data aplikasi yang dihasilkan ke partisi atau drive yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *