Windows Server Core : install php & apache pada fitur SUA

By | November 29, 2010

Tidak lengkap rasanya menginstall fitur SUA pada Windows tanpa menginstall aplikasi yang berjalan didalamnya. Pada kesempatan kali ini Saya akan berbagi mengenai instalasi apache dan PHP pada fitur SUA yang saya install pada Windows Server Core. Apabila ingin mencoba mengikuti apa yang disampaikan disini sebaiknya membaca terlebih dahulu postingan sebelum ini.

Untuk instalasi apache dan PHP di SUA sebenarnya sangat mudah, terutama jika terkoneksi dengan jaringan internet. Cukup dengan menggunakan utilitas pkg_update untuk instalasi keduanya. Dari command prompt masuk ke shell dulu (silahkan pilih shell yang anda suka : bash, csh, tcsh dll). kemudian dari shell ketikan perintah pkg_update -L httpd untuk install apache dan pkg_update -L php untuk install apache2.

Install Apache2 :

Install PHP :

Mengapa saya menggunakan pkg_update dan bukan pkg_add, sesuai rekomendasi dari situs SUACommunity :

  • Untuk menghindarkan masalah yang disebabkan oleh interdependensi software, karena banyak paket saling tergantung dengan paket lainnya
  • Untuk memastikan anda mendapatkan software paling baru dan menghindarkan dari download yang tidak perlu
  • Secara reguler menge-cek update sangat penting untuk mengantisipasi bug dan celah keamanan
  • Beberapa orang melaporkan adanya masalah dengan paket yang di download 30-40 hari yang lalu, dengan mengecek update maka akan dipastikan software tersebut sudah di update

Bila proses berjalan dengan baik, maka sistem akan mendownload source instalasi dan mengkopikan installer kedalam sistem. Apache akan diinstall secara default ke direktori /usr/local/apache2/ semua direktori yang berhubungan dengan apache ada pada direktori ini. Direktori-direktori itu meliputi direktori untuk konfigurasi (conf), file binary (bin), log (logs) dll.

Untuk mengetahui module yang terinstall bersama Apache dapat menjalankan perintah berikut :

Jika kita perhatikan baik-baik module yang terinstall pada apache pada screenshoot diatas  tidak kita temukan mod_php atau libphp5.so, module yang biasa digunakan untuk mengeksekusi file berekstensi .php. Bagi Saya yang terbiasa menginstall php dengan cara “standard” jelas membuat kepala Saya pening selama seminggu sebelum pada akhirnya Saya mengetahui lewat forum SUACommunity bahwa php bisa di eksekusi sebagai file cgi (dengan memanfaatkan module mod_cgi,  dan Saya baru tahu jika mod_cgi tidak hanya untuk file .pl saja tapi juga php, python dll)

Setelah mengeahui behaviour php pada fitur SUA maka langkah selanjutnya agar apache dan PHP bisa dijalankan di fitur SUA ini adalah dengan mengedit file httpd.conf milik apache agar dapat mengeksekusi file-file cgi, caranya dengan menambahkan options ExecCGI pada httpd.conf.  Tambahkan baris ExecCGI dan addhandler-nya dengan menggunakan nano editor (untuk menggunakan editor ini pada SUA silahkan merefer ke link berikut, gunakan putty untuk koneksi remotenya)

Tambahkan baris ExecCGI dan AddHandler .php

Setelah itu simpan file konfigurasi diatas, kemudian jalankan apache dengan perintah berikut :

Pastikan apache sudah jalan dengan menggunakan perintah telnet :

dan hasilnya jika Apache sudah jalan :

atau perintah ps ax |grep httpd

Apabila terdapat daemond httpd seperti terlihat pada gambar diatas berarti apache sudah berjalan dan siap menerima request dari client.

Selanjutnya untuk mencoba apache dapat mengeksekusi script .php atau tidak, buat file script php dengan isi seperti dibawah ini kemudian simpan di document root apache (/usr/local/apache2/htdocs/) . Karena php di eksekusi sebagai file cgi maka setiap baris pertama scritpt php harus diawali dengan #!/usr/local/bin/php :

Selanjutnya akses file/script php tersebut lewat browser, jika sukses hasilnya akan tampil seperti berikut :

Selamat Mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *