Windows 8 Troubleshooting: Error pada VirtualBox

By | November 30, 2012

Cara aman untuk merasakan Windows 8 adalah dengan menginstallnya pada software VirtualBox. Prosesnya mudah dan Anda tidak perlu bingung tentang masalah partisi atau masalah yang lainnya. Bila terjadi kegagalan karena suatu hal, Anda tidak akan mengalami kerugian apa-apa.

VirtualBox adalah sebuah software mesin virtual yang salah satu fungsinya adalah memungkinkan Anda untuk menginstall OS lain tanpa menghapus OS yang sedang Anda gunakan. Salah satu contoh mudahnya, Anda yang sedang menggunakan Windows 7 dapat menginstall Windows 8 pada software ini sehingga Anda bisa menggunakan Windows 8 yang dapat diakses melalui software ini.

Pada artikel ini, saya tidak akan membahas mengenai VirtualBox itu sendiri. Diasumsikan Anda sudah menggunakan software ini dan telah menginstall Windows 8 pada software ini.

Setelah Anda meng-install Windows 8, ada kemungkinan Anda akan mendapat error Your PC needs to be repaired. Walaupun Anda menekan Enter atau pun F8 seperti yang ada pada keterangan, mungkin tetap tidak akan berhasil.

Solusinya adalah tutup jendela Windows 8 yang sedang terbuka, pada VirtualBox klik Settings > System > Processor. Ceklist kotak Enable PAE/NX, klik OK. Restart VirtualBox-nya dan seharusnya Windows 8 sekarang dapat digunakan.

VirtualBox Error

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *