Mengubah Tipe File untuk Penyimpanan Microsoft Paint

By | April 30, 2013

Trik ini berguna khususnya untuk Anda yang gemar menggunakan Paint untuk menyimpan hasil jepretan desktop Anda (screenshot). Biasanya, Paint menggunakan format gambar png sebagai format penyimpanan default untuk gambar yang diciptakan. Namun, saya sendiri lebih memilih untuk menggunakan format jpg karena ukurannya lebih kecil daripada png. Masalahnya, Microsoft tidak menyeiakan opsi untuk mengganti folrmat file default. Walaupun Anda dapat mengklik File > Save As > Jpeg setiap kali file baru diciptakan, opsi ini bukan yang paling cepat. Simak cara berikut yang dapat menolong masalah Anda.
Cara pertama adalah menambah opsi simpan sebagai jpg ke toolbar akses cepat di bagian atas jendela Paint. Berikut adalah langkah yang perlu dilakukan:
1. Pilih File > Save as atau tekan tombol Ctrl + S, klik kanan pada format JPG, kemudian pilih Add to Quick Access Toolbar.
2. Anda akan mendapatkan ikon baru di ujung kiri atas layar dimana Anda dapat mengkliknya setiap saat untuk menyimpan gambar saat ini ke format jpg.

Cara kedua adalah memaksa Paint untuk menggunakan format gambar yang berbeda. Berikut caranya:
1. Buatlah gambar kosong dengan format jpg dan simpanlah ke sebuah lokasi di komputer Anda.
2. Klik kanan pada gambar tersebut, pilih Properties dan atur menjadi Read-only.
3. Tekan tombol Windows untuk membuka layar Start, dan ketik Paint untuk menampilkan hasil pencarian Microsoft Paint.
4. Pada bagian Target, gantilah nilainya menjadi berikut:

%windir%\system32\mspaint.exe “C:\Users\nama_user_anda\Downloads\test.jpg”

Pastikan Anda mengganti lokasi di atas dengan lokasi ke gambar kosong jpg yang telah Anda buat. Misalnya jika Anda menyimpan di folder Test, maka gantilah nama_user_anda menjadi Test.

Paint mulai sekarang akan selalu menampilkan gamabr tersebut ketika dimulai. Anda dapat menggunakan shortcut Ctrl + S untuk menyimpan file baru ke format jpg atau format lainnya. Namun perhatikan bahwa file yang dibuat tadi perlu diset sebagai read-only sehingga Anda tidak dapat menimpanya. Karena bersifat read only, menekan tombol Ctrl + S akan membuak dialog penyimpanan namun dengan tipe .jpg yang dipilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *