Memperbaiki Database Access yang Corrupt

By | December 16, 2013

Sangat tidak menyenangkan ketika anda sedang membutuhkan data/informasi dari file Microsoft Access kemudian error ini yang anda dapatkan :

DBaccessCorrupt

Secara umum penyebab terjadinya kerusakan file access bisa disebabkan karena kegagalan hardware ataupun kegagalan software.

Jika pada saat proses penyimpanan data (input) / transfer data terjadi gangguan hardware, misalnya power tiba-tiba mati atau koneksi tiba-tiba terputus maka bisa menyebabkan file access menjadi corrupt dan tidak bisa dibuka. Penyebab terjadinya kegagalan hardware, bisa juga  disebabkan oleh beberapa hal berikut :

  • Kegagalan pada device penyimpanan, misalnya bad sector pada harddisk tempat menyimpan file database.
  • Kegagalan pada koneksi jaringan, Jika database yang di akses berada pada sisi server kemudian client mengakses file database tersebut dari server dan kemudian terjadi kegagalan koneksi baik yang disebabkan oleh kartu ethernet, gateway, router, kabel atau switch maka file access yang ada pada server bisa saja mengalami kerusakan/corrupt.
  • Kegagalan pada power, jika kita sedang membuka file access kemudian tiba-tiba mati lampu, maka bisa saja file access tersebut menjadi corrupt/rusak.

accessfix_2_en

Sedangkan file access yang corrupt yang disebabkan karena kegagalan software bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

  • Virus atau program jahat lainnya. Beberapa virus dapat merusak file MDB atau membuat file mdb tidak bisa di akses, misalnya Trojan.Win32.Cryzip.a.
  • Keluar dari program secara tidak normal, misalnya dengan menggunakan end task pada task manager dapat menyebabkan kerusakan pada file access yang sedang dibuka.
  • File sistem yang tidak tepat pada saat melakukan proses recovery. Pemilihan file sistem yang tidak tepat pada saat melakukan recovery dengan software recovery dapat menyebabkan file access menjadi corrupt dan tidak bisa di akses.

Setelah mengetahui beberapa penyebab terjadinya kerusakan file database access seperti diuraikan diatas, maka kita dapat melakukan beberapa langkah pencegahan. Misalnya dengan menggunakan UPS untuk mencegah kerusakan file database access yang disebabkan karena kegagalan hardware atau menginstall antivirus yang mumpuni untuk mencegah kerusakan file yang disebabkan oleh virus, tidak memaksa menghentikan program lewat task manager dll.

Akan tetapi jika kemudian masih juga mengalami kerusakan file database access, jangan khawatir. Ada beberapa tools yang bisa digunakan untuk melakukan proses recovery misalnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *