Cara cepat mengakses fitur Windows 7 dengan tombol windows pada keyboard.

By | December 7, 2013

TombolWindowsKita tentu tidak asing dengan tombol ini, yang ada pada keyboard kita bukan? tapi seberapa seringkah kita menggunakan tombol tersebut, selain untuk membuka menu start? Saya yakin tidak semua orang sudah menggunakannya dengan baik, padahal jika kita tahu dapat mempercepat akses ke beberapa utilitas pada sistem operasi Windows kita. Berikut beberapa diantaranya :

  1.  Akses Windows Explorer : Tekan tombol Windows + huruf e secara bersamaan akan memunculkan menu windows explorer, jadi tidak perlu lagi klik start->accesories->windows explorer.
  2. Akses menu run : tekan tombol windows + huruf r secara bersamaan akan menampilkan menu run.
  3. Akses ke Yahoo Messenger : tekan tombol windows + Huruf y akan menampilkan menu yahoo messenger (Jika anda menginstall yahoo messenger).
  4. Akses ke control panel ‘ease of access center’ : tekan tombol windows + huruf u. Anda bisa melakukan konfigurasi untuk mempermudah penggunaan komputer (beberapa fitur digunakan untuk difable)
  5. Akses ke mode presentasi : tekan tombol windows + huruf p untuk akses mode presentasi : Computer only, duplicate, extend atau projector only
  6. Akses ke Desktop : tekan tombol windows + huruf d untuk akses ke desktop secara cepat.
  7. Akses ke menu search : tekan tombol windows + huruf f untuk mengakses menu pencarian.
  8. Lock screen : tekan tombol windows + huruf l untuk me-lock komputer dengan cepat. Biasakan untuk me-lock komputer anda jika tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu, misalnya ke wc, dipanggil boss, dll untuk menghindari kejahatan/keisengan teman kerja anda.
  9. Untuk mengakses menu Windows mobility center yakni menu untuk melakukan pengaturan hardware-hardware yang terkait dengan mobilitas seperti akses wifi, power dll tekan tombol windows + huruf x.
  10. Untuk me-minimize windows tekan tombol windows + huruf m

Untuk mempermudah akses ke beberapa menu pengaturan seperti pengaturan proxy, pengaturan network, dan beberapa pengaturan control panel lainnya, bisa dengan cara mengkombinasikan utilitas diatas dengan utilitas command prompt misalnya :

 

2 thoughts on “Cara cepat mengakses fitur Windows 7 dengan tombol windows pada keyboard.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *