PC-BSD : Kustomisasi Plasma Panel KDE

By | November 23, 2010

Pada postingan sebelumnya kita telah mengenal beberapa komponen utama desktop KDE. Selanjutnya kita akan mengkustomisasi plasma panel (taskbar) pada KDE pc-bsd agar tampil sesuai dengan keinginan kita.

Menambah dan menghapus icon

Menambah  icon program  pada plasma panel dilakukan agar kita mudah mengakses program-program yang biasa kita gunakan misalnya opera untuk browsing, openoffice untuk aplikasi word prosesor, terminal untuk akses shell, dan krdc untuk akses remote komputer. Untuk menambahkan icon program-program tersebut pada plasma panel bisa dilakukan lewat menu kickoff kemudian klik kanan pada pilihan program kemudian pilih add to panel

Dengan cara yang sama lakukan untuk program office dan opera. Selain pada plasma panel, dengan cara ini juga bisa meng-add icon ke plasma workspace (desktop, seperti shortcut pada windows) ,pada menu Favorites atau pada ketiganya secara bersamaan.  Apabila anda tidak dapat menemukan aplikasi yang dicari lewat Kickoff, bisa gunakan fasilitas pencarian

Selanjutnya apabila anda ingin menghapus icon dari plasma panel bisa dilakukan dengan mengklik kanan pada icon di plasma panel dan pilih remove this icon

Menambah widget

KDE widget atau dikenal dengan plasmoid adalah program kecil di KDE yang memiliki fungsi tunggal. Misalnya untuk menunjukan suhu saat ini, jam, atau keterangan penggunaan batre laptop. Plasmoid ini bisa ditambahkan pada plasma workspace atau plasma panel. Untuk menambahkannya bisa dilakukan dengan cara berikut :

  • Plasma Workspace : penambahan plasmoid pada plasma workspace dapat dilakukan dengan tiga cara yakni :
    1. Dari Plasma workspace klik kanan, kemudian pilih add widget
    2. Dari Plasma palete pada pojok kanan atas klik/klik kanan add widget
    3. Dari menu show plasma dashboard (sebelah kickoff, tanda warna bola api merah) kemudian klik plasma icon, add widget (hampir sama dengan no 2)
  • Plasma Panel : penambahan plasmoid pada plasma panel dilakukan dari plasma icon di pojok kanan bawah

Sebagai contoh akan ditambahkan plasmoid batre laptop pada plasma panel. Klik plasma icon pada pojok kanan bawah, kemudian pilih add widget

Selanjutnya muncul pop-up pilihan untuk widget yang akan kita tampilkan pada plasma panel :

Klik widget yang ingin tampilkan kemudian klik tombol add widget. Pada contoh kali ini Saya  memilih widget ‘Battery Monitor’.  Kemudian hasilnya akan tampil seperti berikut :

Untuk beberapa widget ada setting konfigurasi tertentu, dan jika anda ingin menghapusnya cukup klik kanan pada icon widget tersebut kemudian klik remove.

Install Widget Baru

Pada gambar add widget diatas,  disebelah tombol add widget ada tombol install new widget.

Apabila kita klik pilihan download new plasma widgets maka akan masuk ke menu berikut :

Ada banyak pilihan plasmoid yang bisa diinstall secara langsung, atau anda bisa browsing ke http://kde-look.org kemudian menyimpannya pada harddisk  plasmoid yang anda inginkan kemudian diinstall dari  local.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *