PC-BSD : Mengenal Komponen Plasma Pada KDE

By | November 22, 2010

Berbeda dengan Sistem Operasi Windows, desktop pada sistem operasi opensource(linux , FreeBSD, etc ) merupakan produk terpisah dari sistem operasi, sehingga Anda bisa menginstall/menguinstall dan menggantinya dengan desktop yang berbeda. Secara default PC-BSD menggunakan KDE 4 sebagai lingkungan desktopnya, akan tetapi jika anda ingin, anda bisa menggantinya dengan Gnome.

KDE terdiri dari beberapa  komponen diantaranya  : Plasma Panel,  Workspace Plasma dan Dashboard Plasma. Berikut penjelasan lebih rinci mengenai komponen-komponen tersebut :

  1. Plasma Panel. Komponen ini terletak pada bagian bawah desktop,  lebih dikenal sebagai taskbar. Pada Plasma Panel ini terdapat beberapa icon. Jika mouse kita arahkan pada icon-icon tersebut, kita akan mendapatkan informasi mengenai icon-icon tersebut. Kita bisa mengklik icon tersebut untuk membawa kita pada aplikasi yang berhubungan dengannya atau klik kanan untuk menampilkan beberapa pilihan yang berhubungan. Icon-icon tersebut diantarnya adalah :
    • Kickoff, ini adalah icon yang ditunjukan dengan logo PC-BSD (pada OS PC-BSD) atau huruf K pada sistem operasi lain. Jika kita mengklik icon ini akan menampilkan program aplikasi yang terinstall dalam sistem
    • Show the desktop, Apabila kita membuka beberapa jendela aplikasi secara bersamaan dan kita ingin mengakses desktop bisa menggunakan icon ini sebagai shortcut. Secara otomatis akan meminimize semua jendela aplikasi yang ada.
    • Show Dashboard Plasma, icon ini digunakan untuk menampilkan Dashboard plasma
    • Device Notifier, Icon ini berfungsi menunjukan apabila ada usb/dvd yang sedang dimounting dalam sistem
    • Pager : icon ini ditandai dengan empat buah kotak. Masing-masing kotak mewakili satu virtual desktop. Kita bisa menggunakan virtual desktop ini untuk memisahkan antara desktop tempat kerja utama kita (aplikasi word procesor, edit gambar dll)  dan virtual desktop lain untuk membuka aplikasi multimedia kita misalnya game, felm atau pemutar musik.
    • Digital Clock : Menampilkan referensi waktu (jam dan tanggal)
    • System tray : Ini adalah bagian paling kanan dari plasma panel, terdiri dari beberapa icon diantaranya adalah :
      1. Kmixer, ditandai dengan icon seperti speaker untuk mengatur volume
      2. Klipper, berfungsi menyimpan hasil copy sementara sebelum dipaste pada aplikasi anda
      3. PC-BSD update manager, hanya ditemukan pada PC-BSD digunakan agar sistem PC-BSD selalu uptodate
      4. KOrganizer, ini adalah utilitas KDE untuk reminder dan kalender, bisa juga digunakan untuk pembuatan journal atau Blog
      5. Notifications,  menampilkan list kerja yang telah beres jika di klik. Misalnya proses download yang telah beres.
      6. Trash, mirip recycle bin nya Windows. File yang telah di delete akan disimpan sementara di Trash ini
      7. Plasma : bentuknya seperti palete warna, digunakan untuk menambahkan panel dan mengkonfigurasi widgets
  2. Plasma Workspace. Komponen ini terletak diatas Plasma Panel. Pada area ini kita dapat mengkustomisasi dengan penempatan wallpaper dan shortcut. Secara default PC-BSD akan menampilkan empat icon pada Plasma workspace ini yakni :
    • PC-BSD official Website : untuk mengakses ke resource web PC-BSD (forum, web, source)
    • Ports Console : Kita dapat menginstall ports dan packages FreeBSD lewat icon ini
    • Software Manager : Utilitas ini memberikan kemudahan bagi user untuk menginstall/menguinstall aplikasi-aplikasi untuk PC-BSD. Biasanya aplikasi dibuat dalam bentuk file PBI (push button installer), installer khusus PC-BSD
    • User Handbook : Untuk membaca PC-BSD handbook secara online
  3. Plasma Dashboard. Secara default plasma ini tersembunyi, untuk mengakses plasma dashboard bisa dilakukan dengan mengklik icon show plasma dashboard pada Plasma Panel atau Ctrl+F12.  Jika di klik show plasma dashboard atau menekan tombol Ctrl + F12 maka Plasma panel akan hilang untuk sementara dan hanya ada plasma dashboard saja. Jangan panik, untuk kembali tekan Ctrl+F12 lagi atau tekan tombol menu widget dashboard.

Ok demikian sekilas pengenalan plasma pada KDE, pada postingan berikutnya akan dibahas cara mengkustomisasi Plasma Panel 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *