Trik Memperpanjang Periode Trial Aktivasi Windows 7 Menjadi 120 Hari

By | November 26, 2010

Windows 7, jika pada saat di-install pertama kali kita tidak memasukkan product key, akan dianggap berstatus trial selama 30 hari. Pada masa trial ini, Windows 7 bebas dipakai selama 30 hari pertama setelah di-install, walaupun belum diaktivasi. Pada masa ini  pula kita diharuskan melakukan aktivasi Windows 7 dengan memasukkan product key yang didapatkan pada saat membeli produk ini. Jika tidak memasukkan product key setelah 30 hari, maka Windows 7 akan masuk ke notification mode yang banyak mengganggu seperti wallpaper menjadi hitam, pesan notifikasi berulang kali yang memberitahu bahwa Windows ilegal atau dibajak, dan desktop yang memaksa Windows untuk diaktivasi secara online.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan sebuah trik yang disebut dengan “trik rearm” yang dapat memperpanjang masa periode trial aktivasi dari 30 hari menjadi 120 hari. Metode ini sepenuhnya legal dan tidak melanggar Windows End User License Agreement (EULA). Namun, setelah 4 bulan itu tentu Anda harus memiliki product key Windows yang legal untuk bisa diaktivasi.

1. Lakukan instalasi Windows 7 tanpa memasukkan product key dan tanpa melakukan aktivasi online.

2. Gunakan Windows 7 selama 30 hari dan tunggu sampai hari yang tersisa untuk mengaktivasi Windows tinggal 0 (nol), atau hampir nol. Untuk mengeceknya Anda tinggal masuk ke System Properties. Caranya:  klik tombol “Start. Klik kanan pada “Computer“ dan pilih Properties“. Lihat pada bagian paling bawah “Windows Activation.


3. Pada saat masa trial hampir mendekati 0 (nol), masuk ke desktop. Pada menu Start, klik tombol “Start -> All Programs -> Accessories“. Klik kanan pada “Command Prompt”, pilih “Run As Administrator“. Jika ada perintah untuk memasukkan password, maka masukkan password Windows Anda. Cara lain, dengan mengetikkan kata “cmd” pada menu Start di kotak “Search” dan menekan “Ctrl+Shift+Enter“.

4. Masukkan perintah berikut pada jendela yang muncul:

slmgr -rearm

5. Setelah itu, akan muncul pesan yang memberitahukan bahwa perintah slmgr di atas berhasil dilaksanakan dan kita diharuskan me-restart Windows. Tutup pesan itu dan jendela cmd, restart Windows, dan masa periode trial Windows 7 akan kembali menjadi 30 hari.

6. Ketika hari yang tersisa untuk mengaktivasi Windows mendekati 0 (nol) lagi , lakukan trik rearm lagi untuk menikmati Windows 7 selama 30 hari. Sebagai catatan, Anda hanya dapat menggunakan perintah slmgr -rearm sebanyak maksimal 3 kali, jadi karena itulah trik ini terbatas untuk 120 hari (30 hari default + 90 hari dengan trik rearm = 120 hari).

Di komputer Windows 7 Ultimate 64-bit SP1 milik saya, trik ini berhasil dilakukan. Trik rearm ini berlaku untuk Windows Vista, Windows 7, dan Windows Server 2008 (semua edisi baik 32-bit maupun 64-bit, kecuali versi Enterprise yang hanya mendukung trial 3 hari).

Saya harap trik ini dapat membantu Anda untuk memperpanjang masa trial Windows Anda dari 30 hari menjadi 120 hari. Selamat mencoba.

One thought on “Trik Memperpanjang Periode Trial Aktivasi Windows 7 Menjadi 120 Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *