Stupid mistake : How to Recovery Your Formatted Harddrive

By | November 24, 2013

Menu selanjutnya akan menampilkan hasil analisa dari testdisk mengenai partisi yang ada sebelumnya pada harddisk. Pada contoh harddrive saya tampilannya seperti berikut :

TD4

Dengan menggunakan cursor/tanda panah atas bawah pilih partisi yang akan di recovery datanya. Misalnya pada gambar diatas saya memilih partisi ke 1, kemudian tekan P untuk me-list file yang ada. Jika partisinya bisa di akses maka akan tampil list file/folder. Akan tetapi jika partisinya rusak maka akan tampil seperti tampilan berikut :

TD6

jangan khawatir jika partisi anda menunjukan seperti pada gambar diatas, data yang ada pada partisi tersebut masih bisa diambil dengan tools photorec yang satu bundle dengan program testdisk yang sudah di download sebelumnya. Untuk metode pengembalian file melalui photorec akan dibahas pada tutorial selanjutnya. Untuk kali ini akan dicoba untuk mengembalikan partisi yang bisa di akses saja.

Untuk partisi yang bisa di akses, maka akan menampilkan list file yang bisa di recovery. Misalnya tampilan partisi kedua saya (partisi data) seperti berikut (beberapa bagian saya tutupi untuk tujuan privasi) :

TD7-edited

Pada bagian ini anda bisa memilih untuk mengembalikan semua file (satu partisi, dalam contoh saya ini adalah ‘mantan’ partisi D:) atau hanya file-file/folder-folder tertentu saja. Untuk memilih semua file dan folder tekan huruf a pada keyboard, warna folder/file akan berubah menjadi hijau jika sudah dipilih :

TD8-edited

Selanjutnya untuk melakukan proses copy, tekan shift+c (huruf C besar) untuk melakukan copy banyak file sekaligus atau c kecil untuk copy file tertentu saja. Menu selanjutnya adalah pemilihan tujuan/tempat lokasi yang akan dijadikan tempat untuk meng-copy file yang sudah dipilih :

TD9

Dengan menggunakan cursor, pilih lokasi/folder tempat tujuan peng-copy-an. Misalnya saya menggunakan drive d: sebagai lokasi tujuan peng-copy-an file (jangan tertukar dengan drive d: yang di recover, drive d: ini adalah drive d: sistem baru saya).

TD10

Tekan shift+c sekali lagi untuk melakukan proses copy, tunggu sampai proses copy selesai.

TD11

Setelah proses copy selesai, anda akan mendapatkan konfirmasi.

TD12-edited

Lakukan proses yang sama untuk partisi yang lain. Selamat, data anda berhasil di kembalikan! :Congratulations:

Punya pengalaman yang sama? silahkan komentar dibawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *