Cara Cepat Memecahkan Masalah Program Not Responding pada Windows 7 / Vista

By | January 15, 2011

Bagi para pengguna komputer pasti pernah mengalami program yang tiba-tiba tidak berfungsi, hang, atau biasanya lebih dikenal dengan istilah Not Responding. Terkadang jika terjadi seperti itu kita tidak bisa melakukan apapun bahkan kita tidak bisa menutupnya. Solusi yang biasanya dilakukan adalah dengan melalui Task Manager dan mengklik End Task pada tab Applications. Dan bila itu tidak dapat menyelesaikan masalah, kita pindah ke tab Processes, mencari file .exe yang kita butuhkan lalu mengklik End Process.

Task Manager

Nah dalam postingan kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana membuat perintah untuk mematikan semua program yang not responding secara mudah. Anda bisa membuat shortcut-nya dan membuat menu baru pada menu desktop.

Pertama, buatlah sebuah shortcut baru dengan cara klik kanan pada desktop lalu pilih New –> Shortcut

New Shortcut

Pada kotak Type the location of the item isikan taskkill /F /FI “STATUS eq NOT RESPONDING” lalu klik Next. Untuk nama shortcut terserah Anda saja misalkan Kill All atau yang lainnya, setelah itu klik Finish.

Shortcut Command

Selesai, sangat mudah bukan? Silakan coba eksekusi shortcut ini bila Anda mengalami program yang not responding.

Untuk gambar icon, bila Anda ingin mengubahnya Anda bisa menggantinya dengan cara klik kanan pada shortcut, Properties, lalu Change Icon…

Change Icon

Nah selain melalui shortcut, kita bisa membuat perintah yang sama untuk kita munculkan pada menu saat klik kanan di desktop. Untuk melakukan hal ini kita perlu sedikit mengutak-atik registry. Kalau Anda tidak berani untuk mencobanya lebih baik tidak dilakukan, karena salah mengedit atau menghapus sesuatu di registry dapat menghancurkan seluruh sistem komputer Anda. Tapi bila dilakukan persis seperti apa yang akan saya terangkan, tidak akan bermasalah apa-apa.

Untuk memulainya, tuliskan regedit di kolom search pada Start Menu, lalu klik pada hasil yang keluar (regedit.exe)

regedit

  • Jika Anda menggunakan Windows 7 carilah entri  HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell
  • Jika Anda menggunakan Windows Vista carilah entri HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\Shell

Shell

Klik kanan pada folder Shell lalu pilih New –> Key lalu berikan nama bebas misalkan Kill All Tasks.

New Key

New Key 1

Sekarang klik kanan lagi pada folder yang baru dibuat, lalu pilih lagi New –> Key dan berikan nama command. Hasilnya kurang lebih seperti ini.

New Key 2

Saat folder command terpilih, lihat sebelah kanan, klik dua kali pada (Default)

Change default

Masukkan perintah yang sama seperti saat membuat shortcut : taskkill /F /FI “STATUS eq NOT RESPONDING”

Klik OK.

Command

Selesai, silakan keluar dari window Registry Editor, lalu coba lakukan klik kanan pada desktop. Akan muncul satu menu baru yaitu Kill All Tasks (atau apapun sesuai nama folder yang Anda buat). Silakan coba dieksekusi saat Anda mengalami program yang not responding.

New Menu

Jika Anda ingin menghilangkannya lagi, buka kembali Registry Editor, cari lagi forder yang telah Anda buat, lalu hapus saja semuanya (delete folder Kill All Tasks)

Sekian, semoga bermanfaat!

2 thoughts on “Cara Cepat Memecahkan Masalah Program Not Responding pada Windows 7 / Vista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *