Mengambil Screenshot pada Windows 8

Ada beberapa cara untuk mengambil screenshot pada Windows 8 tanpa menggunakan software pihak ketiga. Sebagian cara masih sama seperti pada Windows versi-versi sebelumnya. Namun ada sebuah shortcut baru pada Windows 8 yang cukup bermanfaat. Berikut ini akan dijelaskan sedikit mengenai cara mengambil screenshot pada Windows 8.

Dalam Windows 8, tombol Prt Scrn (Print Screen) dan Alt + Prt Scrn masih dapat berfungsi. Anda dapat menggunakan Prt Scrn pada desktop atau Windows Store app dan secara otomatis komputer akan mengambil screenshot seluruh layar dan menyimpannya pada clipboard. Alt + Prt Scrn akan mengambil screenshot jendela yang aktif, yang memang hanya dapat dilakukan pada dekstop yang biasa. Jika Anda menggunakan tombol tersebut pada Windows app, hal itu hanya akan mengambil gambar selayar penuh.

Pada Windows 8, ada sebuah shortcut baru yaitu Win + Prt Scrn. Shortcut ini akan mengambil seluruh layar dan secara otomatis langsung menyimpan file-nya di dalam folder Pictures. File tersebut akan tersimpan dalam bentuk PNG.

Snipping Tool pada Windows 8 sangat mirip dengan yang ada pada Windows versi-versi sebelumnya. Untuk membukanya, cukup dengan melalui Start Screen lalu ketikkan snipping. Anda dapat memilih 4 pilihan berbeda untuk mengambil screenshot: free-form, rectangular, window, dan full-screen.

Segitu saja fasilitas yang disediakan Windows 8 untuk mengambil screenshot, jika kurang puas, Anda dapat mencari software pihak ketiga untuk melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *