Trik Cara Membuat Banyak / Multiple Desktop pada Windows

By | February 3, 2011

Apakah Anda menginginkan Windows yang digunakan memiliki banyak (multiple) desktop seperti yang ada pada Linux? Hal ini bisa dilakukan!

Yang dibutuhkan adalah sebuah software yang bernama Dexpot yang dapat di-download di http://www.dexpot.de/index.php?id=download, ukuran file-nya sekitar 3,9 MB. Setelah di-download, silakan langsung install di komputer Anda. Apabila Anda telah selesai menginstall-nya Anda akan melihat icon Dexpot di dalam system tray.

Dextop Tray Icon

Nah, ada 4 cara untuk berpindah dari satu desktop ke desktop yang lain.

1. Berpindah Desktop melalui Menu

Silakan Anda coba untuk menjalankan beberapa program apapun supaya lebih terlihat fungsinya. Saat ini Anda seharusnya berada di Desktop 1. Jadi semua program yang Anda jalankan sekarang hanya akan ada di Desktop 1.

Sekarang coba klik kanan pada icon Dexpot di system tray tadi, dan pilih Desktop 2. Karena Anda telah memilih Desktop 2, secara otomatis semua program yang telah terbuka tadi akan hilang karena program-program tersebut dijalankan di Desktop 1.

Change Desktop

2. Berpindah Desktop melalui Desktop Manager

Coba klik kanan pada icon Dexpot di system tray lagi, lalu pilih Desktop Manager.

Desktop Manager

Akan muncul 4 buah icon bergambar monitor dengan angka 1, 2, 3, dan 4. Anda dengan cepat dapat berpindah desktop hanya dengan mengklik salah satu yang Anda inginkan.

Quick launch

Untuk menghilangkannya, klik kanan pada tempat yang kosong di Desktop Manager, lalu pilih Close.

Closing

3. Berpindah Dekstop dengan menggunakan Keyboard Shortcut

Anda bisa mengganti desktop hanya dengan menekan Alt + 1 untuk Desktop 1, Alt + 2 untuk Desktop 2, dan seterusnya.

4. Berpindah Desktop melalui taskbar

Anda juga bisa berpindah desktop melalui taskbar seperti gambar di bawah ini.

Taskbar

Nah, Anda sekarang sudah bisa mengganti-ganti desktop dengan berbagai cara sesuai selera Anda, tapi tentu kurang terasa manfaatnya bila semua desktop kelihatannya tipikal sama semua. Nah, silakan klik kanan pada icon Dexpot pada system tray, lalu pilih Settings atau Configure Desktops.

Settings

Akan ada banyak sekali fitur untuk Anda ubah sesuai keinginan Anda, unik antara desktop yang satu dengan yang lainnya. Anda bisa membuat lebih dari 4 desktop, mengubah background wallpaper yang berbeda di setiap desktopnya, memilih resolusi monitor yang berbeda, dan lain-lain. Silakan bereksperimen sendiri dan ciptakan bermacam-macam desktop yang menarik dan Anda tinggal berpindah desktop dengan mudah kapan saja.

Semoga bermanfaat!

One thought on “Trik Cara Membuat Banyak / Multiple Desktop pada Windows

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *