Trik Mengaktifkan Aero pada Windows Vista dan 7 Home Basic

By | August 11, 2011

Seperti diketahui sejak lama, tema Aero yang cantik tidak tersedia pada Windows Vista dan/atau 7 edisi Home Basic dan Starter, namun tersedia pada edisi yang lainnya. Jadi apakah sudah harga mati untuk Anda yang menggunakan edisi Home Basic, khususnya pengguna netbook? Jangan khawatir, ada sebuah trik registry untuk mengaktifkan tema Aero pada Vista dan/atau 7 edisi Home Basic dan Starter. Syaratnya, tentu komputer atau laptop Anda harus sesuai dengan syarat minimum untuk menggunakan Aero pada Vista atau 7. Minimal, kartu grafis Anda mendukung DirectX 9.0, Pixel Shader Model 2.0, dan terpasang driver WDDM 1.1 yang tersertifikasi Windows, minimal Nvidia Geforce 7000 series, AMD Radeon X1000 series, atau Intel GMA 950.

Berikut caranya:
1. Ketik regedit pada kotak dialog Search pada Windows 7 atau Run pada Windows Vista, lalu tekan Enter. Sekarang cari bagian berikut:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\DWM

2. Pada panel sebelah kanan, gantilah nilai dari “Composition” menjadi 1 dan “CompositionPolicy” menjadi 2.
3. Restart komputer Anda. Sekarang Anda dapat memilih tema Aero dari Desktop Properties.

 

Bagi Anda yang tidak ingin mengubah-ubah registry, ada metode lain untuk mengaktifkan Aero dengan menggunakan sebuah patch berukuran kecil. Silakan cek tutorialnya di sini.

 

Harap diperhatikan bahwa trik di atas tidak dapat digunakan untuk beberapa pengguna Vista atau 7 Home Basic, tergantung keberuntungan Anda. Bagi yang tetap tidak dapat mengaktifkan Aero dengan cara ini, saya menyarankan untuk meng-upgrade Windows Anda menjadi Windows 7 minimal versi Home Premium yang sepenuhnya telah mendukung Aero. Pada netbook saya dengan spesifikasi Intel Atom N280, memori 1 GB, kartu grafis Intel GMA950, dan Windows 7 Home Premium 32-bit, tema Aero ini masih lancar digunakan pada saat mengetik sebuah file dokumen Word bahkan saat menonton sebuah video dengan codec x264 pada resolusi 720p dan bitrate ~2000 Kbps. Pada saat Anda tidak ingin menggunakan Aero, Anda juga bisa menonaktifkannya sehingga sistem menjadi lebih lancar. Jadi, tidak ada salahnya mencoba terlebih dulu bukan?

2 thoughts on “Trik Mengaktifkan Aero pada Windows Vista dan 7 Home Basic

  1. thejoe

    Gak bisa transparant untuk vista starter sp2, ada cara laen?
    bls lwt imel jg gpp.
    thx b4

    Reply
  2. Pingback: Patch untuk Mengaktifkan Aero Glass pada Windows 7 Home Basic dan Starter | jasaIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *