Windows 8 Basic Troubleshooting: Booting Bermasalah

By | November 26, 2012

Berikut ini akan dijelaskan sedikit mengenai hal-hal dasar yang dapat Anda lakukan bila Windows 8 Anda tidak bisa startup atau tidak mau booting. Cara-cara berikut ini juga dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa permasalahan lain.

Windows 8 memiliki performa yang sangat baik, akan tetapi bila suatu waktu Anda mengalami masalah Windows tidak mau booting, coba tekan Shift+F8 saat dalam proses booting untuk mengakses recovery tools.

Masuk ke dalam menu Troubleshoot, lalu pilih Advanced Options, dan Anda dapat mencoba Automatic Repair yang mungkin dapat menyelesaikan masalah Anda.

Jika tetap tidak bisa, pada menu yang sama, Anda dapat menggunakan System Restore, mengotak-atik Windows Startup Settings, atau bisa juga membuka Command Prompt jika Anda ingin mencoba melakukan troubleshoot sendiri secara manual.

Jika Anda  merasa pusing dengan itu semua, pada menu Troubleshoot, anda dapat memilih opsi Refresh your PC untuk menginstall ulang Windows 8 namun tetap menyimpan file-file Anda, dan akan dapat memperbaiki bermacam-macam masalah.

Jika tetap tidak bisa, ada sebuah pilihan yang lebih ekstrim yaitu Reset your PC. Opsi ini akan menghapus semua file dan akan meng-install Windows 8 dari awal lagi.

Anda tidak harus mengakses menu ini saat booting. Bila Windows 8 Anda masih dapat melakukan startup namun terasa tidak stabil, Anda dapat membuka Recovery applet pada Control Panel untuk melakukan Refresh, Reset, dan fitur lainnya untuk memperbaiki masalah pada Windows Anda.

TroubleShoot Menu

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *