Cara Membackup Pengaturan Profil Firefox

Ketika Anda sedang asyik browsing dengan browser Firefox di komputer desktop, seringkali Anda harus pindah ke tempat lain. Padahal Anda telah banyak meng-install add-on di browser tersebut dan telah mengaturnya sedemikian rupa sesaui keinginan Anda. Ketika Anda browsing di komputer lain, maka tentu saja Anda harus meng-install dan mengatur kembali satu persatu add-on Firefox. Hal ini cukup membuang waktu.

Kali ini, saya akan memberikan sedikit trik agar Anda dapat menyalin atau mem-backup pengaturan (setting) add-on pada browser Mozilla Firefox.

1. Buka Windows Explorer.
2. Ketik “%appdata%\Mozilla\Firefox\Profiles” pada address bar, lalu tekan Enter, untuk menemukan folder tempat profil Firefox lama Anda disimpan.
3. Salinlah file ‘permissions.sqlite‘ dari folder profil yang lama itu ke folder profil Firefox yang baru, atau ke folder lain tempat backup.

Cara lainnya yang lebih sederhana adalah dengan menggunakan program Mozilla Firefox edisi Portable yang dapat dibawa dan digunakan kemana pun Anda inginkan, dan dapat disalin ke USB flash disk, hard disk eksternal, atamemory storage, dan CD/DVD untuk Anda bawa kemanapun. Jadi, cara di atas tidak perlu dilakukan. Saat ini, Firefox Portable tersedia pada versi 12.0. Karena laasan itulah, saya merekomendasikan Anda yang gemar berpindah-pindah komputer untuk browsing dengan Firefox dan yang sering menggunakan add-on untuk menggunakan Firefox edisi portable.

Updated: August 28, 2012 — 3:22 pm

1 Comment

Add a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *