Cara Mengupgrade dan Menyalin Pengaturan Profil Lokal pada Firefox Portable

Pada artikel sebelumnya,  saya telah menulis tips bagaimana mem-backup pengaturan profil pada browser terkenal Firefox. Namun, bagaiman dengan yang menggunakan Firefox edisi Portable?

 

Mozilla Firefox edisi Portable (atau biasa disebut Firefox Portable) adalah Firefox versi repackaged yang diciptakan oleh John T. Haller. Aplikasi ini memperbolehkan Firedox berjalan pada USB flash disk, DVD/CD-ROM, atau alat portable lainnya pada komputer berbasis Windows atau Linux/UNIX yang menjalankan Wine. Keuntungannya, program ini tidak memerlukan Firefox untuk di-install pada komputer dan tidak meninggalkan informasi pribadi pada komputer. Untuk kesempatan kali ini, saya akan memberikan langkah untuk mengupgrade versi Firefox Portable Anda sekaligus mempertahankan profil lokal Anda.

Untuk mengupgrade ke versi Firefox Portable yang diinginkan, install langsung Firefox Portable dengan menimpa versi yang lama. Semua data akan dipertahankan. Selain itu, Anda dapat menggunakan updater yang ter-install juga, dengan konsekuensi file atau folder yang tidak pribadi akan tertinggal.

Jika Anda meng-upgrade dari Firefox Portable (dengan nama dan folder yang lebih tua), ikutilah langkah berikut:
1. Sebelum menginstall versi baru, Anda perlu membuat salinan atau backup dari folder profil Anda yang ada di direktori PortableFirefox\Data\profile pada hard disk Anda.
2. Unduh versi baru Firefox Portable, dan install. Lalu, salin profil dari versi lama yang telah di-backup tadi ke versi baru di dalam direktori FirefoxPortable\Data\profile.
3. Jika Anda menambahkan plugin seperti add-on atau plugin search, Anda perlu menyalin direktori tersebut juga (folder PortableFirefox\plugins disalin ke FirefoxPortable\Data\plugins, dan folder PortableFirefox\firefox\searchplugins ke FirefoxPortable\App\firefox\searchplugins).

Catatn: Beberapa plugin seperti Flash dan Shockwave tidak dapat di-install langsung pada Firefox Portable.

Jika Anda menggunakan Firefox versi desktop, Anda dapat juga menyalin pengaturan Firefox lokal Anda langsung ke Firefox Portable. Biasanya terletak pada C:\Documents and Settings\[user]\Application Data\Mozilla\Firefox\Profiles\default.???\

Catatan: Huruf C: adalah partisi Windows Anda berada, [user] adalah nama login Anda di Windows, \default.???\ adalah nama acak untuk profil lokal yang diberikan Firefox). Berikut caranya:
1. Setelah menjalankan setup Firefox Portable, salinlah semua konten file yang berada pada folder \data (kecuali direktori \cache) ke direktori FirefoxPortable\Data\profile.
2. Hapus file FirefoxPortableSettings.ini yang berada di dalam direktori FirefoxPortable\Data\settings (jika ada).

Ketika Anda menjalankan Firefox Portable untuk pertama kalinya, direkomendasikan untuk terlebih dulu menonaktifkan disk cache, penyimpanan password dan sejarah jika Anda menggunakan flash memory portable, seperti USB flash disk. Anda dapat mengatur semua ini pada tab Privacy dari jendela Options. Kadang kala,  profil tertentu akan menyebabkan launcher akan gagal atau komputer menjadi hang. Sebelum menyerah, Anda sebaiknya memberi waktu beberapa menit untuk melihat apakah browser mengecek kompatibilitas dan mengatur lokasi ekstensi. Jika masih gagal, biasanya hal ini disebabkan adanya ekstensi yang bermasalah.

Updated: August 28, 2012 — 1:27 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *