Tips Saat Audio Laptop Anda Tidak Bekerja

By | July 31, 2012

 Sebagian orang pasti pernah mengalami laptopnya tidak bersuara. Alasannya tidak jelas, tiba-tiba saja suaranya tidak ada. Mungkin masalah driver, hardware, Windows, dan lain-lain.

Di sini akan saya beri beberapa tips ringan untuk mengatasinya. Perlu diketahui, berikut ini adalah tips-tips sederhana untuk masalah yang ringan dan biasa terjadi, mungkin tidak dapat menyelesaikan masalah yang berat.

1. Cek Volume Controls

Pertama, coba cek Volume Controls yaitu volume laptop Anda. Banyak orang yang tidak sengaja menekan tombol Mute dan tidak sadar. Pastikan laptop Anda tidak dalam kondisi Mute, lalu coba tinggikan volume-nya untuk memastikan bersuara atau tidak.

Volume Controls

Bila menggunakan speaker eksternal, pastikan dial volume pada speaker tersebut sudah ditinggikan. Walaupun audio laptop berjalan normal, bila speaker eksternal yang Anda gunakan mati, tentu saja tidak akan terdengar suaranya.

2. Cek Volume pada Aplikasi

Coba jalankan aplikasi musik atau video. Misalkan Windows Media Player, Winamp, atau Anda bisa mencoba membuka YouTube. Pastikan suara pada aplikasi-aplikasi tersebut menyala dengan volume yang cukup. Pastikan tidak mute.

3. Restart Windows

Terkadang Operating System Anda yang bermasalah. Coba restart laptop Anda dan cek kembali.

4. Driver

Coba buka Start Menu lalu ketikkan ‘device’. Pilih Device Manager. Pada jendela yang muncul klikSound, video and game controllers.

Pastikan tidak ada tanda seru berwarna kuning atau merah. Jika ada, Anda mungkin belum menginstall driver sound card Anda dengan benar. Coba cek website dan download driver yang paling baru sesuai dengan sound card Anda.

5. Install Ulang Sound Device

Pada Device Manager sebelumnya,  klik kanan pada sound device Anda lalu pilih Uninstall. Setelah itu restart laptop Anda dan secara otomatis Windows akan menginstall ulang sound device Anda.

Uninstall

6.  Update BIOS

Terkadang Anda perlu meng-update BIOS agar suara laptop Anda dapat kembali bekerja. Kadang hal ini terjadi setelah laptop Anda baru melakukan upgrade Windows atau update yang lainnya. Coba Anda jelajahi internet dan cari website manufaktur laptop Anda, download BIOS yang terbaru untuk laptop Anda.

Hal ini jarang terjadi, tapi Anda juga mungkin perlu memastikan sound card pada BIOS telah dinyalakan atau Enabled. Terkadang sound device tak sengaja dimatikan pada device sehingga apa pun yang Anda utak-atik pada Windows tidak akan berpengaruh apa-apa.

Semoga bermanfaat!

3 thoughts on “Tips Saat Audio Laptop Anda Tidak Bekerja

  1. Diki

    Laptop saya tidak bersuara, control volume dalam keadaan mute, pas di klik icon volumenya malah muncul kotak dialog ”detected problem”, kira2 apa tuh masalahnya?

    Jawaban kirim di email aja ya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *