Facebook Akan Mengembangkan Bisnis ke Pasar Seluler dengan Membeli Opera

Menurut artikel ini, ada rumor bahwa Facebook yang merupakan situs jejaring sosial terbesar di dunia saat ini akan melakukan diversifikasi (pengembangan) usaha bisnis ke pasar browser. Oleh karena itu, mereka perlu menyaingi perusahaan yang sudah menjadi pemain lama dalam pasar browser seperti Google, Apple, Mozilla, Microsoft, dan Yahoo. Caranya yaitu dengan membeli Opera Software, perusahaan yang berada di balik layar browser Opera.

Sebuah perusahaan yang sedang dalam tahap perkembangan biasanya melakukan pengembangan usaha bisa dengan melakukan beberapa strategi organik, yaitu merger, akuisisi, aliansi, atau joint venture. Diharapkan dengan ini, perusahaan itu dapat mempertahankan daya saing mereka terhadap pesaingnya. Dalam kasus ini, Facebook merupakan perusahaan yang sedang berkembang pesat di bidang teknologi informasi, dengan bisnis utama berupa jaringan sosial facebook.com yang sudah berdiri sejak tahun 2004.

Opera saat ini memiliki sekitar 200 juta pengguna pada seluruh produknya. Opera memiliki produk yang bagus seperti Opera Mini dan Opera mobile pada pasar telelpon seluler, yang telah berkembang selama dua tahun sejak kemunculannya. Dengan akuisisi Opera, Facebook mengharapkan tidak perlu membuat lagi sebuah browser dari awal, karena Facebook percaya pada sumber daya dari browser Opera akan semakin memperkuat pasar mereka. Sejak Facebook melakukan Initial Public Offering (IPO) yang menghasilkan laba lebih dari $16 milyar, ditambah dengan keinginan untuk masuk ke pasar seluler, membuat rumor akuisisi ini semakin kuat.

 

Jadi, mari kita tunggu saja sepak terjang browser Facebook.

Sumber: http://www.pocket-lint.com/news/45795/facebook-browser-opera-software-buyout

Updated: August 28, 2012 — 11:49 am

1 Comment

Add a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *