Efek Osborne

By | July 1, 2012

Dalam dunia penjualan komputer ada suatu istilah yang disebut sebagai “efek osborne” yakni suatu konsekwensi yang tidak diinginkan dari pengumuman produk yang akan datang sebelum produk tersebut tersedia/siap dipasarkan. lalu mengapa disebut sebagai efek osborne?

Penamaan osborne merujuk pada penemu laptop pertama, yakni Adam Osborne. Pada tahun 1981, PC portable pertama dibuat dengan nama Osborne 1.  Kemudian pada tahun 1983 Osborne membuat kesalahan fatal dengan mengumumkan PC baru yang lebih mumpuni, dengan nama Osborne Executive, beberapa bulan sebelum siap dipasarkan. Akibatnya, orang-0rang kemudian berhenti membeli Osborne 1 dan lebih memilih menunggu keluarnya PC baru yang lebih mumpuni tersebut. Penurunan pembelian Osborne 1 menyebabkan perusahaan menjadi bangkrut pada akhir tahun tersebut.

Kasus efek Osborne terbaru yang terjadi adalah ketika Microsoft mengumumkan smartphone terbaru mereka windows 8 dan tablet “surface”. Dengan mengumumkan Windows 8 dan surface, menyebabkan windows phone sebelumnya seperti lumia dkk menjadi terlihat “jadul”.  Dan mungkin konsumen yang sebelumnya tertarik untuk membeli lumia, akan menahan diri hingga keluarnya Windows 8 (Katanya seh Oktober 2012).

Begitu pula konsumen tablet, dengan pengumuman akan dikeluarkannya surface menyebabkan konsumen tablet berbasis Microsoft sebelumnya yang dibundle OEM seperti Asus, lenovo kemungkinan menjadi tidak laku dan menahan diri sampai dikeluarkannya produk surface tersebut.

With friends like Microsoft, who needs enemies?

Ref:

1. Microsoft poisons its partners

2. Osborne Effect

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *