PC-BSD : Memanfaatkan utilitas KRunner KDE

By | December 9, 2010

KRunner adalah salah satu fitur desktop KDE yang fungsinya mirip dengan fitur run pada sistem operasi Windows, yakni untuk menjalankan perintah dengan memasukan nama perintah dalam form yang disediakan. Untuk mengakses KRunner dapat dilakukan dengan mengklik kanan pada plasma workspace, dan pilih ‘run command’.

KRunner juga dapat diakses dengan menggunakan kombinasi “Alt” + F2.  Agar dapat menjalankan program melalui KRunner maka kita harus tahu nama perintah yang akan dijalankan, misalnya ingin membuka opera dapat dilakukan dengan memasukan nama perintah ‘opera’ :

Selain berfungsi untuk menjalankan program, KRunner juga dapat digunakan untuk :

  1. Kalkulator, Untuk menggunakan KRunner sebagai kalkulator, masukan tanda = terlebih dahulu, kemudian jalankan operasi perhitungan dengan * untuk operasi perkalian, / untuk operasi pembagian, + untuk operasi penambahan, dan – untuk operasi pengurangan. Beriktu contohnya :

  2. Konversi Unit, Misalnya digunakan untuk mengkonversi  mata uang, massa,  panjang dll. Misalnya :

  3. Web Shortcut, Krunner dapat juga digunakan untuk membuka web dan melakukan pencarian secara cepat untuk web-web tertentu misalnya google dan wikipedia. Untuk akses pencarian cepat lewat google masukan perintah gg:bsd (misal untuk mencari dengan keyword bsd) atau wp:bsd (jika ingin menggunakan wikipedia)

  4. Pencarian aplikasi, Misalnya ingin mencari aplikasi yang berhubungan dengan torrent. Tinggal masukan keyword torrent pada textbox seperti berikut :

  5. Membuka taskmanager, dengan cara mengklik icon disamping kiri text box.

  6. Untuk kegunaan lainnya bisa dilihat melalui menu setting, terdapat berbagai macam plugin yang disertakan dengan KRunner ini, semakin banyak plugin yang disertakan semakin powerfull juga KRunner-nya :

Demikian pembahasan mengenai KRunner pada Desktop KDE.  Karena KRunner adalah fitur bawaan KDE, maka setiap desktop KDE memiliki fitur ini meskipun bukan sistem operasi PC-BSD.  Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *