Windows 8 Versi RTM untuk Pelanggan MSDN dan TechNet, dan Windows 8 Enterprise Gratis 90 Hari untuk Umum

By | August 24, 2012

Pada tanggal 15 Agustus 2012, Microsoft telah meluncurkan versi Release to Manufacturing (RTM) Windows 8 untuk pelanggan MSDN dan TechNet yang biasanya adalah para pengembang dan profesional IT. Windows 8 RTM ini dapat diunduh dari situs MSDN dan TechNet, namun tentu Anda harus berlangganan terlebih dulu.

Windows 8 versi RTM merupakan versi resmi yang terakhir dari Microsoft, sedangkan untuk umum akan tersedia pada tanggal 26 Oktober 2012. Anda bukan pelanggan MSDN atau TechNet? Jangan khawatir, Microsoft juga menyediakan versi Windows 8 untuk gratis diunduh yang di-bundling dengan product key MAK (Multiple Activation Key) gratis dan dapat diaktivasi hingga 90 hari setelah penggunaan. Versi Windows 8 yang tersedia gratis ini adalah Windows 8 Enterprise RTM dengan periode evaluasi selama 90 hari, ditujukan bagi pengembang dan profesional IT untuk membangun dan menguji aplikasi Windows 8 pada versi final-nya.

 Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bagian dari artikel ini tanpa mengutip link asli artikel ini.

Baik versi 32-bit dan 64-bit image ISO Windows 8 Enterprise tersedia pada berbagai bahasa termasuk bahasa Inggris. Terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian Anda sebelum mencoba Windows 8 trial ini:

  • Edisi ini memiliki batas waktu tenggang dan tidak dapat di-upgrade.
  • Untuk meng-upgrade, edisi evaluasi harus di-uninstall terlebih dulu dan kemudian versi non-evaluasi harus di-reinstall dari media instalasi asli.
  • Pertimbangkan untuk menjalankan edisi evaluasi ini pada lingkungan virtual atau pada hard disk atau partisi terpisah, sehingga nanti Anda dapat meng-upgrade Windows asli Anda ke Windows 8.
  • Ketika registrasi Anda harus melakukan login dengan akun Microsoft dan menyediakan nama, alamat e-mail, dan negara Anda.
  • Anda harus mengaktivasi edisi evaluasi selama 10 hari sejak dipasang.
  • Ketika evaluasi telah di-install, Anda tidak dapat meng-upgradenya. Untuk kembali pada versi Windows sebelumnya, Anda harus melakukan instalasi bersih dari media instalasi asli.

Image ISO Windows 8 Enterprise versi evaluasi dapat diunduh dari salah satu link berikut:

http://msdn.microsoft.com/en-us/evalcenter/jj554510.aspx

http://technet.microsoft.com/en-US/evalcenter/hh699156.aspx?ocid=wc-tn-wctc

Setelah di-install, Windows 8 Enterprise akan mengaktivasi secara otomatis untuk periode evaluasi gratis selama 90 hari. Namun jika aktivasi tidak dilakukan selama 10 hari masa tenggang, atau jika periode evaluasi 90 hari berkahir, maka latar belakang desktop akan berubah menjadi hitam, notifikasi bahwa sistem tidak asli akan muncul, dan komputer akan mati setiap jam sehingga pekerjaan yang belum disimpan akan hilang.

 Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bagian dari artikel ini tanpa mengutip link asli artikel ini.

Sebagai informasi tambahan, Windows 8 Enterprise juga menyediakan perintah rearm seperti di Windows 7 sebanyak 1 kali. Rearm adalah proses me-reset status aktivasi pada sistem yang telah dipasang. Jika Anda melakukan perintah rearm pada akhir dari periode evaluasi 90 hari, maka periode aktivasi 90 hari kedua dapat diaktifkan, sehingga memberikan Anda total 180 hari (6 bulan) masa penggunaan Windows 8 Enterprise secara gratis. Lumayan untuk dicoba secara gratis. Setelah penggunaan 180 hari tersebut, Anda harus melakukan instalasi bersih Windows 8.

Selamat mencoba Windows 8! 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *